JANGKAU PASAR INTERNASIONAL, DISKOPUKM DIY ADAKAN PELATIHAN UMKM PEMASARAN EKSPOR DAN SERTIFIKASI KEWIRAUSAHAAN GLOBAL

Oleh: Yogie Krisnawangi Saifullah, S.AB.

Dinas Koperasi dan UKM DIY mencoba untuk menaikkan kelas para UMKM dengan mengadakan Pelatihan UMKM Pemasaran Ekspor dan Sertifikasi Kewirausahaan Global yang berlokasi di ruang purbonegoro dan ruang sekar jagad, Diskopukm DIY pada hari Rabu s.d Jumat (25 – 27 Januari 2023).

Kegiatan ini adalah pelatihan bagaimana cara memasarkan produk ke luar negeri menggunakan platform Alibaba. Peserta pelatihan ini dikurasi sendiri oleh Diskopukm DIY dengan mencari UKM, Forkom dan Koperasi yang dianggap mempunyai kapasitas untuk ekspansi pasar ke luar negeri. Total ada 4 akun Global Gold Supplier Alibaba.com yang merupakan fasilitasi dari Pemda DIY melalui Diskopukm DIY untuk diberikan kepada 8 peserta pelatihan yang hadir sebagai perwakilan dari pelaku usaha yang terpilih.

Pelatihan ini terbagi menjadi tiga sesi, yaitu sesi teori, sesi praktek dan sesi ujian sertifikasi. Sesi praktek menjadi ajang uji coba bagi peserta untuk secara langsung mendalami akun Alibaba dan mengeksplorasi segala fiturnya.

Pada sesi akhir diadakan uji sertifikasi pemasaran ekspor terhadap 8 orang peserta tersebut yang dipandu oleh PT. Global Edukasi Talenta Inkubator. Setelah pelatihan, peserta tidak dilepas begitu saja, namun tetap ada pendampingan konsultasi pemasaran selama 11 bulan secara online.

Pelatihan UMKM Pemasaran Ekspor dan Sertifikasi Kewirausahaan Global ini menjadi salah program Dinas Koperasi dan UKM DIY sebagai bentuk dukungan lebih jauh bagi pemasaran UMKM. Harapannya, UMKM yang ikut pameran bisa memasarkan produk-produknya hingga ke pasar luar negeri.