KUNJUNGAN STUDI VISIGARA HMAP UNY BERTEMAKAN “PENGEMBANGAN PROGRAM DAN BANTUAN MODAL UNTUK MENDORONG UMKM DI ERA 5.0”

Oleh: Aulia Amartha Rayhannisa

Pada hari Rabu, 10 Mei 2023,  HMAP UNY mengadakan kunjungan studi dengan tema “Pengembangan Program dan Bantuan Modal untuk Mendorong UMKM di Era 5.0”. Kunjungan bertujuan untuk menyukseskan program kerja dari Divisi Kewirausahaan dan Divisi Humas Media. Kegiatan kunjungan diawali dengan sambutan oleh Wanda Natalia sebagai Ketua Pelaksana, Ibu Titis Anggalini M.A. selaku Dosen Pembimbing Kegiatan, dan Ibu Ir. Srie Nurkyatsiwi M.M.A selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY.

Ibu Ir. Srie Nurkyatsiwi M.M.A sebagai narasumber pertama menjabarkan bagaimana cara kerja program DISKOP DIY dalam mengembangkan usaha ke arah digital. Permasalahan utama dalam UKM untuk mengarah ke era 5.0 tersebut adalah tentang permodalan, pelatihan SDM, serta  persiapan strategi usaha. Permodalan bukan hanya biaya, namun juga komitmen dan spirit melewati jatuh bangunnya berbisnis. Selain itu, persiapan berupa pelatihan pencatatan keuangan sederhana, perencanaan pemasaran, dan penyediaan fasilitas pemasaran juga sangat diperlukan untuk memulai usaha.

Pasca pandemi, DISKOP UKM berusaha lebih keras dalam dukungan pengembangan usaha. Pada masa tersebut, banyak pengusaha UKM yang mengeluhkan penurunan konsumen akibat pandemi. Sehingga DISKOP UKM mencetuskan program MarketHub Gratis Ongkir yang cukup mendongkrak pemasaran produk UKM saat itu baik dari sisi produsen maupun konsumen.

DISKOP UKM juga memberikan dukungan penuh dan menfasilitasi para pengusaha bidang UKM untuk mendaftarkan dan mempromosikan produknya dengan program-program layanan yang tersedia. Salah satunya adalah pemanfaataan SiBakul sebagai program pemasaran unggulan yang dinaungi oleh DISKOP UKM DIY.  Para narasumber juga berharap, generasi muda dapat semakin tertarik untuk berwirausaha untuk berkontribusi dalam roda ekonomi nasional di masa mendatang.