KEGIATAN KUNJUNGAN PEMDA JAMBI KE TERAS MALIOBORO 1

Oleh: Jihan Imaliana Rizki

 

Pada hari Selasa 9 Maret 2023, Dinas Koperasi dan UKM DIY menerima kegiatan Kunjungan Gubernur Jambi yang diwakilkan oleh Bapak Johansyah, SE.,ME selaku PLH Asisten Ekonomi Pembangunan Prov JambiKegiatan ini dilaksanakan di Teras Malioboro 1 Jl. Margo Mulyo, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta., yang dikelola oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY, melalui Balai Layanan BIsnis UMKM.

Acara ini dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY  Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.MA dan PLH Asisten Ekonomi Pembangunan Provinsi Jambi Bapak Johansyah, SE., ME. Tujuan kunjungan ini adalah menjadi wadah perekatan silaturahmi sekaligus media bertukar ilmu juga pengalaman tata kelola daerah khususnya dalam sector perekonomian seperti pemberdayaan UMKM.

Pada kesempatan tersebut, Bapak Johansyah mengatakan” Pertama datang ke Jogja, untuk silahturahim kepada Sultan Hamengkubuwono X. Tujuannya adalah, ingin banyak belajar dari DIY, mulai dari budayanya yang hingga kini masih mantap ditengah perubahan zaman,serta kedua, ingin belajar bagaimana Gubernur DIY menata DIY dalam budaya, seni dan kuliner, UMKM nyaserta  pertanian”. Kepala Seksi Layanan Bisnis UMKM, Bapak Kuntarta S.Sos., M.AP menerangkan bahwa Teras Malioboro ini  merupakan tempat berjualan yang baru khusus bagi para PKL yang dulunya berjualan di sepanjang Kawasan Malioboro. Teras Malioboro 1 berlokasi di Gedung Eks Bioskop Indra, tepat berada di seberang Pasar Beringharjo.

Rangkaian acara kunjungan ini disi dengan pemaparan Kepala Balai Layanan BIsnis yang diwakili oleh Kuntarta S.Sos., M.AP tentang Penataan PKL di Kawasan Malioboro. Penataan di kawasan Malioboro direlokasi pada dua tempat, yaitu Teras Malioboro 1 sebanyak sekitar 800 tenant dan Teras Malioboro 2 yang dikelola oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Fasilitasi yang diberikan pada tenant yang di Teras Malioboro 1 meliputi pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi seluruh tenant, pembinaan bagi tenant meliputi pelatihan dan pendampingan oleh pendamping UMKM untuk perbaikan kualitas produk dan layanan pada konsumen serta promosi dan pemasaran online bagi produk tenant.

Setelah pemaparan materi acara dilanjutkan dengan diskusi bersama tentang Penataan PKL di Kawasan Malioboro yang dibuka dengan pertanyaan. Acara pemaparan yang disertai tanya jawab dan diskusi, Rombongan Pemda Jambi mengunjungi tempat penjualan produk-produk UMKM yang terdiri  dari 3 lantai untuk melihat penataan yang telah dilakukan sekaligus berbelanja.