PAMERAN ASEAN TOURISM FORUM (ATF) SEBAGAI AJANG MENGENALKAN PRODUK UKM DIY KE PASAR ASEAN

Oleh: Yogie Krisnawangi Saifullah, S.AB.

 

Dinas Koperasi dan UKM DIY menfasilitasi lebih dari 100 UKM untuk berpartisipasi dalam Pameran ASEAN Tourism Forum (ATF), hari Kamis s.d Minggu, tanggal 2 – 5 Februari 2023 yang berlokasi di Gedung Jogja Expo Center, Yogyakarta.

Pameran ini melibatkan semua kategori UMKM dari seluruh kab/kota DIY, baik fashion, craft, makanan minuman baik yang kemasan maupun siap saji. Dalam pameran ini juga terdapat fasilitas free ongkir ke luar negeri yang bekerja sama dengan PT POS Indonesia. Apabila ada transaksi ke manca negara, UMKM langsung bisa memproses pengiriman melalui booth PT POS Indonesia yang ada di pameran ATF.

Pameran yang berlangsung selama 4 hari ini juga di isi berbagai hiburan yang menarik, seperti Pementasan Medley Lagulagu Daerah oleh Paduan Suara Anak, Gita Maizan Children’s Choir, Fashion Show, Tari Surak Solah, Chinese Drum, Angklung Toel, vocal dan musik etnic, Sampek/sape, Dance Budi Utama, Tari Angguk Putri, Penampilan Musik Orkes Keroncong ‘Sakpenake’, dll.

Ir.Srie Nurkyatsiwi, M.M.A selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY menuturkan ASEAN TOURISM FORUM 2023, Yang sekarang hadir di Yogyakarta ini menjadi salah satu kebanggan DIY. dan ini bukan saja hanya destinasi wisata saja yang menjadi favorit kalangan Luar. Tetapi juga keberagaman industri UMKM serta ekonomi kreatifnya. dan di sini juga telah dihadirkan lebih dari 100 UMKM Mitra SiBakul Jogja untuk meramaikan ATF 2023 di JEC.

ASEAN Tourism Forum (ATF) sebagai forum pariwisata terbesar di ASEAN, merupakan upaya kooperatif regional untuk mempromosikan negara-negara anggota Association of the Southeast Asian Nations (ASEAN) yang berada dalam satu kawasan yaitu Asia Tenggara, sebagai satu tujuan wisata. ATF menyertakan dialog diantara badan pemerintah pariwisata dan organisasi sektor swasta dan juga Travel Exchange (TRAVEX) di antara seller yang berasal dari ASEAN dan juga buyer internasional dari pasar besar pariwisata.

Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini melibatkan seluruh stakeholder pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Setiap tahun, lokasi penyelenggaraan ATF bergantian di antara negara-negara anggota ASEAN.