DIKLAT ANALISIS KEUANGAN BAGI UKM DALAM MENDAPATKAN AKSES PEMBIAYAAN DAN INVESTASI

Oleh: Dra. MURDAWATI CANDRAYANI

Hari Selasa tanggal 13 sd 15 September 2022, Dinas Koperaai dan UKM DIY melaksanakan Diklat Analisis Keuangan bagi UKM dalam mendapatkan Akses Pembiayaan dan Investor. Mewakili Ibu Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Bapak Agus Mulyono, SP. MT memberikan sambutan dan membuka secara resmi Diklat tersebut yang dilaksanakan di Hotel Grage Yogja, Jl Sosrowijayan No. 242 Gedong Tengen Yogyakarta. Diklat sebanyak 2 Angkatan dengan peserta sebanyak 60 UKM. Hadir sebagai Narasumbed adalah dari PT. TELKOM, PT. Kimia Farma, Bank BPD DIY dan BPD Syariah Yogyalarta. Sebagai Instruktur adalah Tim dari Bio Hadikesuma Managemen Consulting (BHMTC).

Setelah mendapatkan pemaparan dari Narasumber dan Instruktur diharapkan wawasan peserta akan meningkat terkait analisa keuangan dan dapat menjalin kemitraan untuk menambah permodalan usaha melalui akses pembiayaan dengan BUMN maupun Perbankan. Pada masa pasca pandemi saat ini pelaku usaha Mikro sudah mulai bergerak kembali usahanya. Namun demikian masih dirasakan adanya kendala dan hambatan untuk berkembang. Dari sisi SDM membutuhkan support dalam membangkitkan semangat, memotivasi untuk berusaha kembali setelah mengalami terpaan masalah pada masa pandemi baik pada produksi, pemasaram maupun permodalan. Untuk pengembangan usaha kedepan diperlukan inovasi lebih agar usaha tetap exis dan berdaya saing. Penyesuaian dengan era saat ini menjadi penting bagi pelaku usaha. Utamanya adalah era Digitalisasi. Digitalisasi pada sektor pemasaran, manajemen keuangan/permodalan dan sistem pembayaran.

Oleh karena itu pada tahap selanjutnya peserta Diklat ini akan mengikuti Diklat Digitalisasi Manajemen Keuanganakan untuk menambah wawasan peserta tentang Digitalisasi manajemen Keuangan, agar UKM dapat memanage keuangan usahanya secara digital sehingga lebih mudah, praktis dan acountable.