KEGIATAN POSBINDU SIBAKUL SEHAT DI DINAS KOPERASI DAN UKM DIY

Oleh: Berlina Kusumawati

Pada hari Jumat, 12 Mei 2023, Dinas Koperasi dan UKM DIY melaksanakan kegiatan Posbindu Sibakul Sehat bekerja sama dengan Puskesmas Tegalrejo Kota Yogyakarta. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan pengecekan kesehatan yang rutin dilaksanakan khususnya pada hari Jumat di pekan pertama setiap bulannya. Bertempat di ruang Sekar Polo atau Aula Besar Dinas Koperasi dan UKM DIY, seluruh Pegawai Dinas Koperasi dan UKM DIY ikut serta menghadiri Posbindu bulan Mei ini.

Kegiatan Posbindu bertujuan untuk mendeteksi sejak dini resiko penyakit tidak menular pada pegawai dan mengontrol kesehatan pegawai di Dinas Koperasi dan UKM DIY. Hal ini menjadi sangat penting karena dapat mempengaruhi produktivitas pegawai saat bekerja.

Tes Kesehatan yang dilakukan meliputi Screening Kesehatan berupa pertanyaan tentang kebiasaan merokok, pola makan, mengonsumsi alkohol, mengonsumsi  gula berlebihan (≤ 4 sendok makan/hari), mengonsumsi  garam berlebihan (≤ 2 sendok teh/hari), mengonsumsi lemak berlebihan ( gorengan 4 porsi atau minyak ≤ 4 sendok makan/hari). Kedua, melakukan pengukuran lingkar perut, berat badan, dan tinggi badan. Ketiga, melakukan pengecekan tekanan darah dan kolestrol yang dibantu oleh petugas Puskesmas Tegalrejo Kota Yogyakarta. Terakhir, melakukan konsultasi kesehatan berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan oleh petugas Posbindu untuk mengambil langkah penanganan berikutnya.