FGD SINERGITAS KELEMBAGAAN KOPERASI

Oleh: Annisa Nurul Amalia

Pada hari Selasa tanggal 9 Mei 2023, Dinas Koperasi dan UKM DIY melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion Sinergitas Kelembagaan Koperasi.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sekar Jagad Dinas Koperasi dan UKM DIY, Jl. HOS Cokroaminoto No.162, Tegalrejo, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta yang dihadiri sekitar 30 peserta antara lain seluruh pegawai Dinas Koperasi dan UKM DIY, Kepala Dinas Koperasi dan UKM se DIY ( 4 Kabupaten 1 Kota ), Kepala Dinas Perizinan Penanaman Modal DIY dan juga dihadiri oleh para anggota Koperasi yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada hari Selasa yaitu 9 Mei 2023, Ibu Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Ibu Ir.Srie Nurkyatsiwi, M.M.A. memberikan sambutan pada kegiatan Focus Group Discussion Sinergitas Kelembagaan Koperasi Dinas Koperasi dan UKM DIY ini dengan didampingi Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM DIY, Ibu Ir. Setyo Hastuti, MP.

Kegiatan Focus Group Discussion Sinergitas Kelembagaan Koperasi ini diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah DIY melalui Dinas Koperasi dan UKM DIY yang bertujuan untuk menyukseskan program peningkatan ekonomi lokal melalui koperasi. Focus Group Discussion Sinergitas Kelembagaan Koperasi yang bertemakan “Sinergitas Kelembagaan Koperasi” itu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY yaitu Ibu Ir.Srie Nurkyatsiwi, M.M.A.

Kegiatan ini diawali dengan Pembukaan dan Sambutan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY sekaligus membuka secara resmi. Pada sambutannya Kadis DISKOP DIY menyampaikan agar “Koperasi bisa menjadi salah satu strategi yang sangat luar biasa dan koperasi bisa lebih dikembangkan lagi dalam rangka menunjang peningkatan ekonomi lokal melalui koperasi dan menuju koperasi modern. Kemudian dilanjut dengan mendiskusikan tentang kelembagaan koperasi dengan berdiskusi secara langsung di ruang Sekar Jagad dan melalui platform zoom meeting.”

Salah satu permasalahan yang muncul tentang kelembagaan koperasi antara lain terkait dengan adanya koperasi baru yang muncul di sistem ODS yang ketika dilakukan kunjungan verifikasi ke lapangan tidak ditemukan.

Setelah berdiskusi tentang kelembagaan koperasi, diharapkan kendala yang dihadapi dinas dan gerakan koperasi dapat terpecahkan, sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan informasi terkait pengurusan legalitas koperasi secara efektif dan efisien. Dari kegiatan ini Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY mengharapkan masukan dari peserta FGD untuk memberikan strategi serta masukan agar terciptanya Koperasi yang maju dan modern.