FORUM ORGANISASI PERANGKAT DAERAH SEBAGAI WADAH ASPIRASI RENCANA PENGEMBANGAN KUMKM DIY

FORUM ORGANISASI PERANGKAT DAERAH SEBAGAI WADAH ASPIRASI RENCANA PENGEMBANGAN KUMKM DIY

Oleh : Septia Yudha Rennaningtyas

YOGYAKARTA – Transformasi Digital bagi Koperasi dan UKM diangkat menjadi tema dalam Forum Organisasi Perangkat Daerah (Forum OPD) Tahun 2022. Forum OPD diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY di Ruang Rapat Sekarjagad Dinas Koperasi dan UKM DIY, Selasa (18/03/2022).

Forum OPD dilakukan secara hybrid, mengakomodasi peserta secara online dan offline mengingat masih ada pembatasan kegiatan masyarakat di masa pandemi.

Kegiatan ini dibuka dengan pengarahan dari kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Ibu Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A. Peserta Forum OPD adalah para stakeholder terkait pengembangan KUMKM di DIY seperti Badan Pengelola Keuangan dan Aset DIY, BAPEDA, KADIN, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten/Kota, OPD Mitra Perekonomian DIY, Perbankan DIY, Mitra Logistik Dinas Koperasi dan Koperasi DIY, Komite Disabilitas DIY, ICSB, ABDSI, BMT Beringharjo, DEKOPINWIL DIY, KOPMA, Halal Club, Perhimpunan Hotel dan Restoran, Asosiasi Pengusaha, Komunitas Pengusaha, Tim Jogja Inkubator, Tim Koordinator K45PAK, Tim Koordinator G2RT, dan lainnya.

Dengan mengundang narasumber ahli terkait bidang tersebut, Matahari Farransahat, SE, M.HEP dari FISIPOL UGM dan Ir. Hermawan Ardiyanto, M.B.A dari KADIN DIY diharapkan dapat memberikan wawasan lebih baik untuk pengembangan pelaku KUMKM DIY. Pak Matahari mengangkat tema bahasan “Inkubasi Wirausaha Millenial” untuk membangkitkan generasi milenial menjadi wirausaha muda produktif yang bisa membentuk UKM yang kuat baik dari segi produksi, kelembagaan, kualitas dan lainnya. Serupa dengan yang disampaikan Pak Hermawan, pembinaan generasi muda akan membawa dampak baik dalam transformasi digital perekonomian DIY. Banyaknya wirausaha potensial akan mendukung perkembangan perekonomian DIY.

Forum OPD ini menjadi wadah aspirasi rencana pengembangan KUKMKM DIY. Sesi diskusi selalu menarik karena semua pihak ingin menyampaikan aspirasi. Dimoderatori oleh Bpk. Rommy peserta forum saling bergantian menyampaikan baik keluh kesah, harapan, saran maupun kritik. Catatan dari diskusi ini akan menjadi bahan pertimbangan penyusunan program di tahun berikutnya agar tepat guna dan tepat sasaran.

 “Rencana pembangunan tahun 2023 mengusung tema “Meningkatkan daya saing dan sektor ekonomi unggulan”. Pengembangan dan pembinaan UMKM harus merata dan seimbang. Perlu ada kesepakatan terkait indikator koperasi modern dan UKMM naik kelas. Inovasi apa saja yang perlu dilakukan?”, kata Bu Emmy BAPPEDA untuk menegaskan strategi apa yang harus dilakukan untuk pengembangan koperasi modern dan UMKM naik kelas sesuai target Kemenkop RI.

Sedangkan untuk wirausaha baru dituntut untuk berorientasi ekspor. Memperkuat sinergi lintas sektor. Untuk menangani permasalahan isu strategis DIY antara lain ketimpangan wilayah, kemiskinan, kerusakan lingkungan, potensi bencana, ketimpangan pendapatan.

Rendahnya produktivitas KUKM menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi. Factory sharing menjadi strategi untuk menguatkan produktivitas KUKM di DIY. Namun, factory sharing bisa beresiko jika tidak ada pengukuran target pasar yang tepat. Selain itu kerjasama rantai pasok dari hulu ke hilir juga perlu dikelola dengan baik. OPD perlu berkontribusi dalam mengklasterkan usaha, sehingga KUKM di DIY bisa saling mengoptimalkan potensi masing-masing untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dasar khususnya di DIY. Dengan penguatan branding, kualitas, produktivitas dan efektivitas KUKM di DIY maka peluang menuju pasar nasional maupun internasional sangat terbuka lebar.

Untuk pemerataan pembinaan dan pendampingan KUKM di DIY perlu adanya pembagian tugas. Ketugasan yang terbagi dengan baik akan menyelaraskan pelaksanaan program kegiatan. Kegiatan Dinas KUKM Kabupaten/Kota didukung penuh oleh Dinas KUKM Provinsi. Untuk menjaga agar pembinaan dan pendampingan tidak tumpang tindih atau duplikasi program kegiatan maka sangat diperlukan sinkronisasi program kegiatan. Mari kita bersama mewujudkan Koperasi Modern dan UMKM Naik Kelas, Go Digital, Go Global!  (syr).