KEGIATAN VISITASI KEPEMIMPINAN NASIONAL ANGKATAN IX KELOMPOK II PESERTA PELATIHAN KEPEMIMPINAN NASIONAL TINGKAT II TAHUN 2023 PADA DINAS KOPERASI DAN UKM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Kegiatan Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) merupakan salah satu bagian dari kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan IX Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh BPSDM Provinsi Sumatera Utara. Tema dari kegiatan PKN Angkatan IX Tahun 2023 yakni “Mewujudkan Reformasi Birokrasi yang Berorientasi Pada Peningkatan Investasi Mendukung Sumatera Utara Bermartabat”, dan Sub Tema: “Mewujudkan Reformasi Birokrasi Pada Peningkatan Investasi Sektor Ekonomi Produktif”. Fokus kegiatan VKN untuk Kelompok II yakni di Kantor Dinas Koperasi dan UKM DIY, yang dilaksanakan pada tangal 23 Mei 2023.

Kunjungan Tim VKN Kelompok II dipimpin oleh Pembimbing Tim Bapak Dr. Hironymus Ghodang, S.Pd, M.Si, M.Psi dan juga dihadiri oleh Bapak Said Fadhil selaku Kepala Puslatbang HKAN LAN RI dan Ibu Aprilla Siregar, SH, MH Kepala BPSDM Prov. Sumut. Tim diterima langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Ibu Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A.

Dalam pemaparannya Ibu Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A, menyampaikan secara komprehensif bagaimana Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DIY mengembangkan program SIBAKUL JOGJA, yakni akronim dari Sistem Informasi Pembinaan Koperasi dan UKM Yogyakarta. SIBAKUL JOGJA merupakan platform digitalisasi layanan urusan Pemerintahan Bidang Koperasi dan UMKM, yang mencakup : Pendataan dan Klasterisasi UKM, Pembinaan UKM, dan Inovasi Fasilitasi Penguatan UKM. Program ini menjadi pusat data Koperasi dan UKM  DIY dimana seluruh kegiatan Pembinaan Koperasi dan UMKM di wilayah DIY wajib terintegrasi dengan sistem data SIBAKUL JOGJA, sehingga data riil UMKM yang sangat membantu memberi gambaran yang tepat Postur Kekuatan UMKM, sehingga kegiatan Pembinaan UMKM dapat diarahkan secara tepat efektif dan berdampak.

Beberapa capaian Program SIBAKUL JOGJA, antara lain sukses menarik 340 ribu pelaku usaha, lebih dari 79 ribu transaksi, dengan nilai ongkir mencapai Rp. 2,19 M, menggerakan transaksi ekonomi lokal sebesar 7,4 kali lipat, atau mencapai Rp. 16,3 M.

Beberapa hal yang menjadi lesson learnt dari kegiatan visitasi ini adalah : 1. Koperasi dan UMKM mampu merupakan tulang punggung perekonomian daerah yang perlu terus dikembangkan secara konsisten dan berkelanjutan; 2. Perlunya membangun sinergitas dan kolaborasi yang kuat dengan stakeholder terkait dalam pengembangan industri UMKM didaerah; 3. Digitalisasi dalam pengelolaan data dan informasi sangat diperlukan, sebagai dasar bagi pemerintah untuk melakukan intervensi kebijakan yang tepat dan efisien; 4. Dukungan Pemerintah dalam pemberdayaan Koperasi dan UMKM sangat diperlukan untuk memastikan para pelaku usaha mendapatkan kebutuhan untuk pengembangan usahanya, yang mencakup aspek produksi, SDM, Pemasaran, Keuangan, Kelembagaan dan teknologi digital.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Ibu Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A, dalam testimoninya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kunjungan Tim VKN Kelompok II dan berharap para peserta PKN dapat memberikan kontribusi positif kepada Pemerintah Daerah masing-masing melalui proyek perubahan yang akan dikembangkan.