PENINJAUAN DAN SOSIALISASI KEARSIPAN DARI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Oleh: Novita Trio Khasanah

Pada hari Selasa 14 Maret 2023, Dinas Koperasi dan UKM DIY melaksanakan kegiatan Peninjauan dan Sosialisasi Kearsipan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta (DPAD DIY), dimana kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka kesiapan penilaian kearsipan di Dinas Koperasi dan UKM DIY

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang R.R. Purbonegoro Dinas Koperasi dan UKM DIY, Jalan HOS Cokroaminoto No.162, Tegalrejo, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta ’yang dihadiri oleh para petugas arsip (arsiparis) tiap bidang-bidang yang ada di Dinas Koperasi dan UKM DIY.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Ibu Ir. Setyo Hastuti, M.P. selaku Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM DIY sekaligus membuka acara, kemudian dilanjutkan penyampaian materi dan pengarahan oleh Ibu Syamsiyah Pujiastuti, S.S., M.A.P dan Bapak Nur Amri Yahya, S.IP. selaku arsiparis dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini mengenai prosedur penilaian kearsipan pada Organisasi dan Perangkat Daerah (OPD) DIY dan pemaparan singkat mengenai Aplikasi Kinarya. Aplikasi Kinarya merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengunggah bukti dukung aspek pengawasan kearsipan Internal. Setelah kegiatan sosialisasi dilanjutkan melakukan peninjauan pengelolaan arsip secara langsung di tiap-tiap bidang yaitu diantaranya bidang Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM), dan di Unit Layanan Terpadu Teras Malioboro.

Melalui kegiatan Peninjauan dan Sosialisasi Kearsipan ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan proses penilaian kearsipan dengan lebih baik di setiap bidang Dinas Koperasi dan UKM DIY sebagai Unit Pengolah Kearsipan dan Unit Kearsipan yaitu bidang Sekretariat, agar nantinya pada saat kegiatan Penilaian Kearsipan tiba memperoleh nilai yang memuaskan bagi Dinas Koperasi dan UKM DIY.