KBSP (KELAS BISNIS SELASA PAGI) : MANAJEMEN LIKUIDITAS KOPERASI

Kelas Bisnis Selasa Pagi : Manajemen Likuiditas Koperasi

Oleh: Aji Suryo Tiyatno

Kelas pelatihan bisnis yang aplikatif dan memberi solusi praktis untuk bisnis masyarakat DIY. Kelas Bisnis Selasa Pagi (KBSP) ini merupakan pelatihan bisnis yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY dan dilaksanakan setiap hari Selasa pagi. Adapun peserta KBSP terdiri dari UMKM maupun Koperasi.

Pada tanggal 13 Juni 2023, pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB, KBSP diselenggarakan di ruang aula Sekar jagad Dinas Koperasi dan UKM DIY. Dengan menghadirkan pembicara Bapak Nicholaus Supriyadi yang merupakan general manager Puskopdit (Pusat Koperasi Kredit) Jatra Miguna. KBSP ini diikuti oleh 30 peserta dari 30 koperasi yang berbasis simpan pinjam. Peserta mengikuti kegiatan dengan antusias dan menyimak pembicaraan dengan seksama.

Pada kelas ini Pak Nicholaus selaku pembicara membawakan materi pentingnya manajemen likuiditas koperasi dan pentingnya manajemen likuiditas bagi koperasi. Kemudian membahas mengenai tantangan utama yang dihadapi oleh koperasi dalam mengelola likuiditasnya. Dilanjutkan dengan penjelasan perbedaan manajemen likuiditas koperasi dengan manajemen likuiditas perusahaan konvensional. Pembicara juga memberikan rincian penjelasan dari langkah-langkah praktis untuk meningkatkan manajemen likuiditas bagi koperasi. Kemudian dijelaskan peran kebijakan dan regulasi pemerintah dalam pengelolaan likuiditas koperasi, instrumen, atau strategi yang dapat digunakan oleh koperasi untuk mengelola risiko likuiditas. Pengukuran dan pemantauan kinerja manajemen likuiditas koperasi juga dijelaskan oleh pemateri. Selanjutnya dijelaskan dampak dari manajemen likuiditas yang buruk terhadap koperasi, pemanfaatan teknologi dan inovasi dalam manajemen likuiditas bagi koperasi, dan siklus ekonomi atau kondisi pasar dapat mempengaruhi manajemen likuiditas. Terakhir dijelaskan mengenai NPL (Non Performing Loan) atau rasio keuangan yang menunjukan risiko kredit yang dihadapi akibat pemeberian kredit dari pentingnya NPL, cara menghitung NPL, cara mencegah tingginya NPL, cara menurunkan NPL, hal yang mempengaruhi NPL, persentase NPL yang baik, lamanya kredit dapat dikatakan macet, solusi dan penyelesaian jika terjadi kredit macet, dan hal yang dilakukan untuk koperasi mengurangi dampak risiko kredit.

Harapannya setelah mengikuti KBSP ini, peserta yang merupakan pengurus maupun pengelola Koperasi terutama Simpan Pinjam ini mampu menjaga likuiditas Koperasinya, sehingga mampu menjaga kepercayaan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Semua demi kemajuan dan kebermanfaatan Koperasi kedepannya.