Dinas Koperasi dan UKM DIY Adakan Gebyar Hari UKM

 

Oleh: Akbar Prabawa Mukti

Dinas Koperasi dan UKM DIY mengadakan pameran Gebyar Hari UKM di Atrium Pakuwon Mall Yogyakarta dengan menggandeng pelaku UMKM lokal yang ada di DIY. Mengusung tema Jogja Youth Preneurs Independence Week, acara ini berlangsung pada 18 sampai 20 Agustus 2023, dengan menampilkan produk-produk UMKM kekinian dari pelaku UMKM DIY.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi, M.M.A mengungkapkan saat ini banyak upaya yang dilakukan oleh Pemda DIY untuk mendukung majunya UMKM. Selain membuat program gratis ongkir untuk pelaku UMKM, mewadahi pengusaha dengan koperasi, Pemda DIY juga menggandeng perbankan untuk mendukung perkembangan UMKM.

Pada gebyar UKM ini, stand-stand UMKM sudah memfasilitasi pembayaran digital melalui QRIS sebagai bentuk optimasi dan efisiensi untuk kemudahan konsumen dalam berbelanja serta keamanan transaksi yang lebih terjamin, sehingga konsumen dapat lebih nyaman dan aman dalam berbelanja di stand UMKM yang ada di Pameran Gebyar Hari UKM.

Lebih lanjut ibu Srie Nurkyatsiwi, M.M.A menerangkan bahwa Pemda DIY menyelenggarakan ini melalui Dinas Koperasi dan UKM didukung oleh adanya dana keistimewaan. Tujuannya untuk menaikkan kelas dari UMKM. Ada enam aspek yang disiapkan, beberapa diantaranya ada Sumber Daya Manusia (SDM), produk, hingga digitalisasi.

Harapan diadakannya kegiatan seperti pameran Gebyar Hari UKM adalah mendukung serta mendorong UMKM di DIY agar lebih mampu berkembang dan bersaing di pasar internasional, dan menjadi UMKM yang naik kelas.