Jogja Kreatif Expo 2023: “Momentum Pelaku Ekonomi Memprerkenalkan dan Mempromosikan Produk UMKM”

Oleh : Dai Malik Haryoko

Dalam upaya untuk mendukung perkembangan ekonomi lokal dan mendorong kreativitas serta inovasi di kalangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), PT. Bintang Profesional Indonesia dan Dinas Koperasi dan UKM DIY bersama dengan pihak-pihak lainnya dalam gelaran Jogja Kreatif Expo 2023. Gelaran acara ini dilaksanakan di Galeria Mall Yogyakarta dan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 24-27 Agustus 2023

Jogja Kreatif Expo 2023 menggandeng beberapa pihak dalam memeriahkan acara expo UMKM . Pihak yang terlibat meliputi Dinas Koperasi dan UKM DIY, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Manggarai Barat, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Sumbawa Barat, Shoes Leather Jawa Timur , Nglarisi UMKM, Jajanan Tempo Doeloe, Mutiara Lombok NTB serta UMKM Yogyakarta

Dalam pemaparan yang disampaikan dalam acara pembukaan, perwakilan dari PT Bintang Profesional Indonesia menjelaskan bahwa “ Pameran dengan tema Pameran Skala Nasional Bidang Perdagangan, Pariwisatan , Pertanian, Perikanan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM dan Ekonomi Kreatif ditujukan untuk untuk mendorong produktivitas di sektor pariwisata dan UMKM, melalui pemberdayaan para pelaku ekonomi kreatif dengan memberikan ruang dalam mengenalkan produknya”.

Disisi lain, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA memberikan tambahan bahwa “ Pameran ini menjadi momentum untuk para pelaku ekonomi dapat  memprerkenalkan dan mempromosikan produk UMKM kepada masyarakat. Hal ini dikarenakan UMKM menjadi salah satu hal yang sangat berperan penting dalam kemajuan perokonomian.”

Harapan dari adanya Jogja Kreatif Expo 2023 adalah adanya sinergi, kolaborasi dan transfer knowledge dari para pelaku ekonomi kreatif di berbagai daerah di Indonesia dalam melakukan pengelolaan UMKM sehingga kualitas dan kuantitas produk meningkat . Hal ini akan berdampak pada omzet yang meningkat disertai dengan kenaikan kesejahteraan para pelaku ekonomi kreatif.

Mari kita semua maju bersama sama menuju masyarakat Indonesia yang berdaya saing tinggi didalam Indonesia yang lebih maju dimasa yang akan datang.