SiBakul Malioboro Menari 2023 Raih Rekor Muri

Oleh : Agata Ifannaly Chinda

Dalam rangka memperingati  11 tahun Undang-undang Keistimewaan DIY, Dinas Koperasi dan UKM DIY bakal menggelar SiBakul Malioboro Menari . SiBakul Malioboro Menari digelar pada hari Sabtu 2 September 2023 di depan Teras Malioboro 1 (TM 1) memanjang ke selatan sepanjang Jalan Malioboro sepanjang 680 meter dimulai pukul 14.00 WIB. Event ini bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat Yogyakarta dengan penampilan line dance berjumlah sampai dengan 1.000 orang. Para peserta line dance ini dikoordinir oleh Universal Line Dance (ULD) Indonesia.

Perhelatan besar ini terselenggara dengan pemanfaatan Dana Keistimewaan (Danais) dan memecahkan rekor Musium Rekor Indonesia (MURI) dengan 1000 peserta line dance berbusana tradisional Indonesia dengan syal batik terbanyak di Malioboro. Penari berasal dari berbagai provinsi di Jawa, Sumatra, dan Kalimantan. Peserta menari terdiri dari komunitas Universal Line Dance (ULD) Indonesia, masyarakat dari Kabupaten/Kota di DIY, ASN dan para pelaku UMKM.

Syal batik yang digunakan oleh para line dance merupakan produk UMKM binaan dari SiBakul dan dipasarkan di Teras Malioboro 1. Event ini juga diselenggarakan untuk mendukung Yogyakarta menuju warisan dunia yang nantinya dipersidangan UNESCO di Riyadh Arab Saudi pada September ini.

Kepala Dinas Koperasi UKM DIY Srie Nurkyatsiwi mengatakan bahwa acara ini juga dimaksudkan untuk mendekatkan SiBakul kepada masyarakat luas seluruh Indonesia tentunya. Para line dance yang dihadirkan dari seluruh Indonesia ini dimaksudkan untuk meningkatkan kreativitas dan juga tentunya menumbuhkan ketahanan ekonomi pelaku UMKM khususnya di Teras Malioboro 1. ” Sebagai bentuk digitalisasi model pembinaan sirkuler dan ajang promosi terhadap produk UMKM di DIY, maka SiBakul Malioboro Menari 2023 digelar”, ucap Siwi.

Sambutan dari Gubernur DIY yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah DIY Beny Suharsono, mengatakan bahwa salah satu kunci sukses bagi para pelaku UMKM adalah memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Dalam diri manusia banyak kreativitas yang bisa dikembangkan, contohnya melalui tarian dalam acara SiBakul Malioboro Menari ini bisa meningkatkan eksistensi dan upaya promotif bagi para pelaku UMKM.

Rangkaian keseruan kegiatan Sibakul Malioboro Menari ini ditutup dengan berbelanja di Teras Malioboro 1, dengan menggunakan kupon yang dibagikan kepada para peserta saat acara berlangsung. Hal ini tentunya bisa mendukung dalam meningkatkan para pelaku UMKM di Teras Malioboro 1.