Lead Camp Inkubasi Bisnis Saka Wirausaha

 

Oleh: Selvy Nur Dwi Susanti

Untuk mendorong pergerakan penumbuhan calon wirausaha baru, mulai dari pembentukan Kampung Pramuka dan melakukan serangkaian kegiatan Inkubasi Bisnis, salah satunya adalah kegiatan Perkemahan Bagi Calon Penggerak Saka Wirausaha (Leaders Camp) dan Perkemahan Bagi Calon Wirausaha Muda Saka Wirausaha yang ditempatkan di Kampung Pramuka sebagai rangkaian lanjutan pasca kegiatan motivasi bisnis yang dikemas dalam kegiatan bootcamp.

Kegiatan Lead Camp Saka Wirausaha dilaksanakan pada hari Jumat-Minggu, tanggal 18-20 Agustus 2023 di Kampung Pramuka Sangurejo, Turi, Kabupaten Sleman. Lead Camp diikuti oleh 30 Anggota Aktif Saka Wirausaha dari Golongan Penegak dan Pandega yang telah berhasil menyelesaikan tantangan penjualan di bootcamp. Kegiatan tersebut didesain dengan menggandeng Bio Hadikesuma Management Training & Consulting (BHMTC) sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan investasi, aset dan manajemen, pelatihan, pendampingan, pembuatan sistem manajemen, serta inkubasi bisnis yang telah berpengalaman lebih dari 15 tahun di Indonesia.

Dalam pemaparan yang disampaikan dalam acara pembukaan, Kepala Bidang Kewirausahaan Dinas Koperasi dan UKM DIY menuturkan bahwa “Pada kegiatan inkubasi bisnis ini tentunya mereka akan diajari spirit berwirausaha seperti bagaimana spirit tangguh untuk mampu berjualan, mereka dilatih mandiri, diberi bekal yang terbatas, dan mereka harus bisa menghasilkan sesuatu dari bekal yang terbatas itu”.

Kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan pelaku usaha serta kelompok penggerak ekonomi baru dengan semangat berkoperasi yang baik dan benar untuk masa depan sehingga di masa yang akan datang, mereka dapat berkolaborasi dengan organisasi dan asosiasi masyarakat yang mengalami kendala dalam pengembangan bisnis seperti Koperasi, BUMDES, Pokdarwis, PKK, Karang Taruna, Desa Wisata dan Kampung Pramuka.