SIBAKUL SPORT FEST 2023: “MENGGELORAKAN KEISTIMEWAAN UNTUK PEMBERDAYAAN KOPERASI DAN UMKM MELALUI EVENT KREATIF”

Oleh:Septiana Herawati, Sandra Deffi Apriliani, Rizal Harjuna G.N

Dalam rangka memperingati ulang tahun undang-undang keistimewaan yang kesebelas, Dinas Koperasi dan UKM DIY kembali menggelar festival olahraga yang bertajuk Sibakul Sport Fest. Gelaran ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 9-10 September 2023 di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta.

 

SiBakul Sport Fest merupakan momen kolaborasi dengan pengembangan skema pembinaan UMKM SiBakul sebagai salah satu upaya promosi produk-produk unggulan koperasi dan UMKM di Yogyakarta. Pada tahun ini, terdapat dukungan dari 100 UMKM yang berpartisipasi dalam event bazar yang diselenggarakan di lapangan parkir barat Stadion Mandala Krida.

 

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi M.M.A menyampaikan bahwa selain sebagai peringatan undang-undang keistimewaan, event ini juga bertujuan untuk terus menggelorakan keistimewaan melalui dana keistimewaan untuk pemberdayaan koperasi dan UMKM melalui event kreatif. Sehingga diharapkan para pelaku UMKM dapat menjalin interaksi secara langsung dengan berbagai konsumen.

 

Tahun ini merupakan tahun kedua SiBakul Sport Fest. Jika tahun lalu hanya dilaksanakan selama satu hari dan dirasa waktunya kurang, maka tahun ini dilaksanakan selama dua hari. Lomba yang dipertandingkan yaitu Inline Skate Kategori Criterium, Inline Skate Kategori Drag, Inline Skate Kategori Drag Race, Stori Telling, E-Sport Competition, Lari Rute 10K, Lari Rute 5K, dan Pelari dengan Kostum Terbaik.

 

Cabang lomba yang dilaksanakan pada hari pertama ialah Inline Skate Kategori Criterium, Inline Skate Kategori Drag, Inline Skate Kategori Drag Race, Story Telling, dan E-Sport Competition. Para peserta tidak hanya dari Daerah Istimewa Yogyakarta saja, tetapi dari banyak daerah seperti Jakarta dan Sidoarjo.

 

Pada hari kedua, Minggu 10 September 2023 bertempat di Stadion Mandala Krida Daerah Istimewa Yogyakarta. Di hari kedua telah terlaksana kegiatan lari rute yang terbagi dalam dua kategori, yaitu kategori 5K dan 10K.

Pelaksanaan kegiatan di hari kedua ini dimulai pada pukul 05.00 WIB dengan antusias kurang lebih 3.000 peserta dan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah Jogja dan sekitarnya. Acara ini lari marathon ini dibuka dengan opening ceremony tarian tradisional dan dilanjutkan dengan pengibaran bendera flag off oleh Ibu GKR Hemas pada pukul 05.30. Adapun rute lari kali ini mengelilingi rute perkotaan Yogyakarta.

 

Selain acara lari marathon adapun kegiatan bazar UMKM yang dilakukan sebagai wadah branding para pelaku usaha yang dipersembahkan oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY. Terdapat juga acara hiburan yang mendatangkan bintang tamu disajikan untuk para peserta dan partisipan lainnya yang mengikuti kegiatan ini. Bintang tamu yang dihadirkan antara lain yaitu, Sasya Arkhisna, Hasoe Angels, Ndarboy Genk. 

 

Di sela-sela kegiatan acara hiburan yang berlangsung, terdapat prosesi gunungan yang ditujukan untuk menunjukkan rasa syukur atas kegiatan pagi hari ini. Prosesi gunungan dilakukan dengan doa bersama yang dipimpin oleh salah satu tokoh agama serta VVIP untuk mengambil gunungan secara simbolik. Kegiatan ini ditutup pada pukul 11.00 WIB dengan persembahan penampilan terakhir dari Ndarboy Genk, dengan ini acara kegiatan SiBakul Sport Fest 2023 telah berakhir.