Panduan Proses Kurasi MarketHub pada Sistem SiBakul Jogja

Oleh: Shinta Fizzuniar

Dinas Koperasi dan UKM DIY berupaya keras untuk terus menunjukkan konsistensinya dalam mendukung sektor UKM yang ada di wilayah DIY. Salah satu upaya yang kini difokuskan adalah terkait dengan proses digitalisasi UKM melalui pemanfaatan sistem SiBakul Jogja guna menunjang pemasaran online. Harapannya, melalui pemanfaatan sistem SiBakul Jogja dapat menghadirkan pasar yang lebih luas bagi produk-produk UKM yang ada di wilayah DIY.

Dalam pemanfaatan sistem SiBakul Jogja guna pemasaran online, terdapat suatu proses yang disebut dengan kurasi markethub. Kurasi merupakan kegiatan pengumpulan, pengidentifikasian dan penilaian mengenai kepantasan, kelayakan dan kebermanfaatan suatu produk. SiBakul Jogja menerapkan proses kurasi produk dengan tujuan untuk keperluan standardisasi produk UMKM baik dari segi kemasan, isi, dan berbagai aspek lainnya agar dapat masuk ke pasaran SiBakul. Oleh karena itu, kegiatan kurasi ini menjadi sarana edukasi bagi penggiat UMKM agar dapat meningkatkan kualitas produk, sekaligus memfasilitasi UMKM untuk memperoleh jaringan pasar yang lebih luas.

Membahas mengenai kurasi markethub, menjadi catatan penting bagi para UMKM untuk dapat mempersiapkan beberapa informasi mengenai produknya guna keperluan input data. Informasi tersebut berupa foto produk (komponen yang sangat penting) dan deskripsi produk. adapun ketentuan kurasi produk yang perlu menjadi perhatian UMKM agar dapat lolos proses kurasi, berikut penjelasannya.

Ketentuan Kurasi Produk

  • Produk Kuliner
    • Ketentuan Foto
      1. Foto produk harus jelas pencahayaannya.
      2. Foto produk kuliner tidak menampilkan anggota tubuh manusia misal nampak foto tangan tanpa sarung tangan.
      3. Foto produk pada tempat yang semestinya misal makanan tidak diletakkan pada lantai.
      4. Background foto harus bagus apabila tema diluar ruangan jangan sampai background terlalu ramai sehingga produk menjadi tidak jelas dan tema luar ruangan dapat menunjang agar foto produk lebih “Eye Catching”.
      5. Produk dengan kemasan, hendaknya juga menampilkan produk tersebut diluar kemasan. Hal ini dimaksudkan agar konsumen juga dapat membayangkan produknya seperti apa sekaligus tidak hanya memperlihatkan kemasan kosong.
      6. Bila tersedia berbagai varian ukuran maupun varian rasa dapat diupload dengan foto yang berbeda dan hindari foto produk dengan konsep kolase.

 

    • Ketentuan Deskripsi
      • UKM harus mengisikan empat komponen penting, yakni:
      1. Komposisi Bahan
      2. Cara penyajian.
      3. Masa kadaluarsa produk.
      4. Kalimat promosi /mencantumkan kelebihan produk apa saja agar calon customer berminat membeli

 

  • Produk Craft
    • Ketentuan Foto
      1. Foto produk harus jelas pencahayaannya.
      2. Foto produk bisa menampilkan anggota tubuh manusia.
      3. Foto produk pada tempat yang semestinya dengan memperhatikan background atau latar produk (tidak ada barang lain yang berserakan).
      4. Background foto harus bagus apabila tema diluar ruangan jangan sampai background terlalu ramai sehingga produk menjadi tidak jelas dan tema luar ruangan bila berlatar dinding pastikan bahwa dinding tersebut bersih dari lumut.
      5. Membayangkan produknya seperti apa sekaligus tidak hanya memperlihatkan kemasan kosong.
      6. Produk kain diwajibkan memperlihatkan detail motifnya.
      7. Hindari mengupload foto dengan tumpukan yang banyak.
      8. Bila tersedia berbagai varian ukuran dapat di upload dengan foto yang berbeda dan hindari foto produk dengan konsep kolase.
      9. Penempatan foto produk tidak hanya asal misalkan produk tas di kaitkan pada paku di dinding.
      10. Foto Produk tidak banyak menampilkan atribut pemilik ukm dan nomor kontak.
    • Ketentuan Deskripsi
      • UKM harus mengisikan tiga komponen penting, yakni:
      1. Komposisi bahan.
      2. Kalimat promosi /mencantumkan kelebihan produk apa saja agar calon customer berminat membeli.
      3. Ketersediaan stock (jumlahnya)

 

  • Produk Fashion
    • Ketentuan Foto
      1. Foto produk harus jelas pencahayaannya
      2. Objek foto fokus pada produk yang di jual, boleh menambahkan dekorasi tetapi tidak mendominasi sehingga menimbulkan salah persepsi
      3. Diperbolehkan menampilkan tulisan diluar foto produk, namun tidak menampilkan atribut berlebih seperti nomor hp, nama usaha, atau watermark.
      4. Jika produknya pakaian, dianjurkan memakai manekin tidak hanya memakai hanger
      5. Warna produk di foto harus jelas dan sesuai dengan kondisi produk secara nyata.
      6. Tidak disarankan foto produk dengan konsep kolase.
    • Ketentuan Deskripsi
      • UKM harus mengisikan tiga komponen penting, yakni:
      1. Mencantumkan komposisi/bahan produk fashion
      2. Mencantumkan ketersediaan stock (ukuran dan jumlah)
      3. Pola produksi (ready stock, berdasar pesanan, atau custom)

 

Alur Kurasi Markethub SiBakul Jogja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah – langkah Pengajuan Kurasi MarketHub

  1. Buka aplikasi SiBakul Jogja atau akses website SiBakul Jogja:

https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/markethub/

2. Scroll ke bawah, lalu pilih menu SiBakul UKM

3. Silahkan login akun SiBakul dengan memasukkan NIK dan Password

4. Masuk ke Fitur Utama, lalu pilih menu Kurasi Markethub

5. Klik Produk Baru/Pengajuan Kurasi

6. Klik logo

7. Lengkapi Data Utama dan Foto Tambahan, lalu klik Tambah

8. Pengajuan kurasi selesai, tampilan status akan muncul “MENUNGGU KURASI” dan silahkan tunggu admin kurator mengurasi produk anda

9. Berikut contoh tampilan produk LOLOS KURASI

10.Berikut contoh tampilan produk TIDAK LOLOS KURASI