Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta Gelar Pasar Murah Produk Usaha Mikro Bentuk Kolaborasi Bersama Mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat Batch 5

 

 

Oleh: Duta Eko Sapto

Daerah Istimewa Yogyakarta, 1-2 Desember 2023

Dalam semangat kerjasama yang erat antara Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mahasiswa magang dan studi independen bersertifikat Batch 5, sebuah inisiatif kolaboratif diwujudkan melalui penyelenggaraan Pasar Murah Produk Usaha Mikro. Acara ini bertujuan untuk mendukung para pelaku usaha mikro lokal dan memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah mereka peroleh selama magang.

Pasar murah ini akan menampilkan beragam produk dari usaha mikro di Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai dari kuliner lokal, kerajinan tangan, hingga produk-produk kreatif lainnya. Hal ini sekaligus menjadi platform bagi mahasiswa untuk terlibat dalam pengorganisasian acara berskala lokal. Mereka tidak hanya mendapatkan pengalaman langsung dalam berbagai aspek manajemen acara, tetapi juga memiliki kesempatan untuk memahami dinamika usaha mikro di tingkat lokal.

“Kami sangat bangga dengan kolaborasi ini, pasar murah ini bukan hanya sebagai wujud dukungan terhadap pengusaha mikro di wilayah kita, tetapi juga sebagai kesempatan untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan praktis mahasiswa magang kami. Ini adalah langkah konkret dalam menciptakan kolaborasi, koordinasi dan sinergi antara pendidikan tinggi, pemerintah, dan sektor usaha lokal,” ungkap Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA Kepala Dinas Koperasi dan UKM.

Acara ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi perkembangan usaha mikro lokal dan menjadi landasan bagi mahasiswa untuk berkontribusi lebih aktif dalam pengembangan ekonomi lokal. Laila, selaku pelaku UMKM ISK Food mengungkapkan bahwa Ia merasakan dampak yang sangat positif dalam perkembangan usahanya dengan didampingi oleh salah satu mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Dinas Koperasi dan UKM DIY. Laila mengaku semenjak bisnisnya didirikan pada tahun 2017, ISK Food berkembang pesat pada proses pendampingan ini, mulai dari pengembangan sosial media, HKI, BPOM, pembuatan Company Profile, SOP, foto produk, dan lain sebagainya. Selain itu, Pasar Murah Produk Usaha Mikro juga menawarkan kesempatan bagi masyarakat umum untuk mendukung produk lokal yang berkualitas sambil menikmati suasana penuh semangat dan kebersamaan.

Pasar Murah Produk Usaha Mikro ini akan diselenggarakan di Taman Pintar, dimulai dari tanggal 1 hingga 2 Desember 2023. Seluruh masyarakat diundang untuk ikut serta dalam acara ini, mendukung para pelaku usaha mikro, dan turut menyemarakkan kerjasama antara Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mahasiswa magang dan studi independen bersertifikat Batch 5. “Terselenggaranya acara ini membantu kami dalam mengenalkan produk kami kepada masyarakat, khususnya masayarakat Daerah Istimewa Yogyakarta”, ungkap Lia, pelaku UMKM dari Aicare yang berfokus pada aromaterapi dan essential oil.

Acara ini juga merupakan bentuk pengenalan program Magang dan Studi Independen Bersertifikat kepada masyarakat, khususnya mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan MSIB di Dinas Koperasi dan UKM DIY. “Dengan terselenggaranya acara ini, keinginan saya untuk mengikuti MSIB batch 6 di Dinas Koperasi dan UKM DIY semakin besar karena mahasiswa dilatih penuh untuk dapat langsung terjun ke masyarakat.”