PRODUK LOKAL GO INTERNASIONAL: “INKUBASI BISNIS ‘PIJAR: BEYOND THE BOUNDARY’ FASILITASI UKM UNTUK EKSPOR KE TIGA NEGARA”

(Penyerahan simbolis produk-produk UKM peserta Inkubasi Bisnis PIJAR)

 

Oleh: Ricci Luis Figo

Yogyakarta, 18 Desember 2023 – Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta telah menyelenggarakan ceremonial pengiriman produk-produk dari UKM yang mengikuti Inkubasi Bisnis PIJAR. Para peserta Inkubasi Bisnis PIJAR telah mendapatkan business matching dengan para offtaker, salah satunya Good of Indonesia (GOI) untuk melakukan ekspor ke tiga negara. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Kewirausahaan, Kepala Bidang UKM, 9 UKM Mitra SiBakul Jogja, dan Konsultan PLUT. 

Seremonial ini merupakan bentuk hasil kegiatan Inkubasi Bisnis yang telah berlangsung sejak pra-inkubasi, proses inkubasi, dan pasca-inkubasi sebagai langkah konkret Dinas Koperasi dan UKM DIY untuk membantu para UKM untuk “Naik Kelas”. Inkubasi Bisnis PIJAR termasuk bagian dari pasca-inkubasi dimana UKM mendapatkan berbagai fasilitas, termasuk akses pasar, pembiayaan, dan jejaring bisnis. Hal ini sejalan dengan tujuan diadakannya Inkubasi Bisnis PIJAR yaitu untuk menumbuhkembangan social entrepreneurship dan zero waste product, menghasilkan produk-produk inovatif berbasis teknologi, mendorong berkembangnya usaha yang berkelanjutan, terbentuknya standarisasi produk ekspor dan menciptakan ekosistem bisnis para pelaku UKM menuju linked ekosistem holistik. 

Dalam wawancara yang dilakukan kepada Hana Fais Prabowo, S.T.P,  M.Si., selaku perwakilan dari Bidang Kewirausahaan telah disampaikan bahwa Inkubasi Bisnis PIJAR merupakan program yang bertujuan meningkatkan kapasitas UKM. 

“Inkubasi Bisnis PIJAR adalah sebuah program inkubasi yang menyasar UKM mitra SiBakul kelas 2 untuk bisa naik ke kelas 3. Kegiatan hari ini adalah kegiatan pasca inkubasi dengan hasil tenant yang bisa melakukan pengiriman ke pasar internasional.” 

Sementara itu, Kepala Bidang UKM, Veronica Setioningtyas Prativi S.Si., M.Sc., menyampaikan selamat kepada para pelaku usaha yang mendapatkan fasilitas Gratis Ongkir SiBakul ke New Zealand, Singapura, dan Texas. Lebih lanjut,  Veronica Setioningtyas Prativi, S.Si., M.Sc., menyampaikan bahwa proses untuk mendapatkan fasilitasi gratis ongkir sangat mudah yaitu dengan menjadi Mitra SiBakul dan mendaftar gratis ongkir luar negeri. 

“Harapan kami kedepannya semakin banyak pelaku usaha yang dapat memanfaatkan fasilitas gratis ongkir dari SiBakul Jogja.” tutup Veronica. 

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis kepada perwakilan dari Bidang Kewirausahaan dan Bidang UKM produk-produk yang siap untuk dikirimkan. Kemudian, kegiatan ditutup dengan foto bersama dan loading barang secara bersama-sama ke dalam mobil Pos Indonesia.