SIBAKUL FINANCE FIESTA

 

oleh : Yonda Eka Rinestu

Kamis, 14/12/2023, Dinas Koperasi dan UKM DIY melalui Bidang Usaha Mikro, mengadakan gelaran Sibakul Finance Fiesta yang merupakan suatu event kumpul dan bincang-bincang tentang finance dan UMKM. Acara tersebut diadakan di Kraton Ballroom Royal Ambarrukmo Hotel dan dihadiri oleh segenap tamu undangan mulai dari lembaga pembiayaan, perbankan, hingga segenap pelaku UMKM yang tergabung dalam Sibakul Jogja.

Gelaran Sibakul Finance Fiesta, diadakan sebagai wujud fasilitas sosialisasi dan juga pembinaan dari Dinas Koperasi dan UKM DIY kepada para pelaku UMKM di Yogyakarta yang tergabung dalam Sibakul Jogja. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi menjelaskan bahwa Sibakul Finance Fiesta tidak hanya event berkumpul, melainkan juga sarana bagi para pelaku UMKM untuk memahami tentang literasi keuangan sebagai arah langkah naik kelasnya UMKM.

“Acara ini diselenggarakan tidak hanya untuk berkumpul saja, tetapi juga untuk memberikan pencerahan tentang pentingnya literasi keuangan bagi para pelaku UMKM”, ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi dalam sambutannya di acara pembukaan Sibakul Finance Fiesta Kamis, 14/12/2023 lalu.

Dalam acara ini, ditegaskan pula tentang aplikasi Sibakul Jogja yang menjadi wujud fasilitas digital yang diberikan oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY untuk mendukung keberlangsungan dan kemajuan UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam antisipasi pertumbuhan ekonomi keberlanjutan DIY, meningkatkan ekosistem kebutuhan UMKM, serta untuk lebih memfokuskan perhatian pihak-pihak perbankan atau lembaga pembiayaan terhadap UMKM khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY dalam sambutannya juga menjelaskan bahwa aplikasi Sibakul menjadi salah satu bentuk jawaban dari 6 aspek tantangan dan kebutuhan UMKM yang terdiri atas, Sumber Daya Manusia (SDM), kelembagaan, produktivitas, pemasaran, keuangan/manajemen, dan pemanfaatan digital marketing. Diharapkan dengan gelaran Sibakul Finance Fiesta ini, dapat meningkatkan kompetensi para pelaku UMKM dalam pemahamannya terkait literasi digital serta pemanfaatan aplikasi Sibakul sebagai digital marketing produk unggulan UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta.