MENDORONG PERTUMBUHAN UMKM LOKAL: “FASILITAS GRATIS ONGKIR DAN KURASI SIBAKUL JOGJA”

 

(Pos Indonesia sebagai salah satu Mitra SiBakul Gratis Ongkos Kirim)

Oleh: Ricci Luis Figo, Galang Sena Ajidasa, Puji Amaria, Sharleen Mutia Almira, dan Angela Anastasya

 

Dalam era digital yang serba cepat dan praktis, kebutuhan akan layanan belanja online semakin meningkat. Dalam persaingan ketat di dunia e-commerce, layanan gratis ongkir menjadi salah satu strategi yang efektif untuk menarik perhatian konsumen. Dimana, manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh pembeli, melainkan juga oleh para penjual. Dalam upaya mendukung pertumbuhan UMKM di DIY, Dinas Koperasi dan UKM DIY meluncurkan SiBakul Jogja, Platform Digital Pembinaan dan Pengembangan Koperasi dan UKM serta fasilitasi pemasaran produk UKM yang dikelola oleh Dinas Koperasi UKM DIY. 

SiBakul Jogja sebagai platform marketplace, menyadari bahwa biaya pengiriman dapat menjadi kendala bagi konsumen. Oleh karena itu, SiBakul menciptakan ide layanan gratis ongkir untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen. Dengan layanan ini, pengguna dapat menikmati pengiriman barang tanpa ada biaya tambahan. Fasilitas gratis ongkir ini juga menjadi daya tarik promosi bagi konsumen, dimana secara umum pembeli cenderung lebih memilih berbelanja di tempat yang menawarkan layanan pengiriman gratis. Fasilitas gratis ongkir ini melibatkan kerjasama dengan pihak ketiga, yakni Pos Indonesia Dalam Negeri, Pos Indonesia Luar Negeri, JogjaKita, Grab, Gojek, dan Difabike.  

Untuk dapat menggunakan fasilitas gratis ongkir, Pelaku usaha harus terdaftar dalam SiBakul Markethub dan produk yang dijual harus lolos kurasi Markethub terlebih dahulu. Konsep Kurasi yang dihadirkan oleh SiBakul Markethub merupakan sebuah layanan untuk menjamin bahwa produk yang dijual di SiBakul adalah produk – produk yang berkualitas.

 Kurasi yang dilakukan dalam platform SiBakul Jogja memberikan jaminan bahwa setiap produk yang dipamerkan tidak hanya sekadar barang dagangan, melainkan memiliki kualitas yang baik, keunikan dan nilai tambah lokal. Tim Kurator yang terdiri dari Konsultan PLUT Jogja dan Tim MSIB memiliki peran krusial dalam memastikan bahwa setiap item yang dipilih untuk ditampilkan memenuhi standar kualitas dan keberagaman produk lokal. Dengan demikian, kurasi ini tidak hanya memperkaya pengalaman berbelanja konsumen, tetapi juga menjadi langkah penting dalam mendukung ekosistem bisnis lokal yang berkelanjutan dan memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di DIY.

Berikut adalah mekanisme untuk mengaktifkan fasilitas gratis ongkir SiBakul Jogja:

  1. Pelaku Usaha melengkapi data – data wajib yang diperlukan untuk menjadi Mitra SiBakul Markethub, meliputi data pemilik, data usaha, lokasi UKM, aspek kelembagaan, produktivitas, keuangan, pasar, dan pemasaran usaha, serta data kontak.
  2. Pelaku usaha mengajukan kurasi produk pada menu “Kurasi MarketHub” di platform SiBakul Jogja. Berikut adalah mekanisme mengajukan Kurasi:
    • Klik produk baru/ pengajuan kurasi
    • Lengkapi data utama produk dan foto yang menarik.
    • Lengkapi deskripsi produk, dimana ini adalah kunci lolos kurasi. Agar produk lolos kurasi, berikan informasi material atau bahan baku produk, keunggulan produk, cara penggunaan atau penyajian produk, dan masa kadaluarsa produk (jika produk makanan).
    • Pengajuan kurasi selesai dan silahkan tunggu tim kurator mengurasi produk anda.
    • Produk yang lolos kurasi akan muncul tampilan status “Lolos Kurasi”

3. Produk yang berhasil lolos kurasi dapat diajukan untuk fasilitas SiBakul gratis ongkir

 

 

Dengan fasilitas gratis ongkir dan konsep kurasi, SiBakul Jogja memberdayakan pelaku UMKM untuk lebih berkreativitas dan berinovasi. Dinas Koperasi dan UKM DIY memberikan dukungan tidak hanya dalam hal distribusi, tetapi juga dalam meningkatkan kualitas dan nilai tambah produk lokal. SiBakul Jogja bukan hanya tempat untuk berjualan di tingkat lokal, tetapi juga merupakan jembatan menuju pasar yang lebih luas. Fasilitas gratis ongkir dan kurasi produk lokal membantu pelaku bisnis untuk memperluas visibilitas online mereka, mencapai pelanggan potensial di luar wilayah DIY. Dukungan dari Dinas Koperasi dan UKM DIY membawa dampak positif terhadap ekosistem bisnis lokal, menciptakan peluang baru dan meningkatkan daya saing produk lokal. Melalui kolaborasi yang kuat, SiBakul Jogja menjadi pilar penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif dan keberlanjutan bisnis di DIY.