INKUBASI PIJAR ISTIMEWA BEYOND THE BOUNDARY

INKUBASI PIJAR ISTIMEWA– Para tenant inkubasi Pijar Istimewa Beyond The Boundary yang di akhir sesi program pada bulan November 2023 lalu berhasil mengekspor produk mereka ke lima negara skala retail (Australia, Singapura, Texas, New Zealand dan Canada). Pada awal tahun 2024 berkesempatan untuk kembali mengekspor produk dengan kapasitas lebih besar dengan skala kontainer ke Mekah.

Salah satu tenant Pijar (Bananania) berhasil diundang untuk pameran di Jeddah Arab Saudi dan bertemu dengan buyer dari Abraj Hypermart, salah satu hypermart terbesar di Mekkah, dan dari Abraj meminta bermacam produk dari Yogyakarta yang mana produk tersebut tidak tersedia di Hipermart tsb sedangkan potensi pangsa pasar dengan memperhatikan bahwa jamaah haji maupun umrah dari Indonesia cukup besar.

INKUBASI PIJAR ISTIMEWA – Melihat peluang tersebut dengan terus di dampingi oleh konsultan PLUT tenant Pijar berinisiatif untuk ikut ambil bagian, dan melakukan persiapan agar dapat memenuhi permintaan produk oleh pihak buyer.Persiapan yang dilakukan antara lain membuat company profile dalam bahasa Inggris, penentuan harga jual produk dalam SAR, pengiriman dengan sistem CIF dan juga pembayaran melalui LC, dan tentu saja hal ini berkaitan dengan banyak pihak, agar dapat menghitung harga jual harus memperhitungkan juga biaya kirim disini para tenant Pijar di fasilitas untuk bertemu dengan pihak forwader sekaligus melihat langsung saat stuffing sehingga dapat memperhitungkan biaya kirim. Kemudian mereka juga di fasilitasi pertemuan dengan provider master box sekunder standar ekspor. Persiapan penting lainnya adalah ketentuan shipment CIF. Untuk itu para tenant bertemu dengan pihak Bank untuk lebih mengetahui tentang L/C (Letter of Credit) bagaimana sistemnya, berapa biayanya, dan juga resiko2 dalam LC.

Alhamdulillah semua persiapan berjalan lancar dan menunggu jadwal pertemuan via zoom meeting lanjutan dengan pihak Abraj Hypermart