PEMERINTAH DAERAH DIY RAIH PENGHARGAAN BERGENGSI INABUYER LKPP AWARD 2024

 

Jakarta, 17 Mei 2024 – Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil meraih penghargaan bergengsi INABUYER LKPP Award 2024 atas Persentase Transaksi Belanja Produk UMK dan Koperasi Terbesar Peringkat ke-2 Tahun Anggaran 2023 Kategori Pemerintah Provinsi. Penghargaan ini diberikan dalam rangkaian acara INABUYER B2B2G Expo 2024 yang berlangsung di Convention Hall Gedung SMESCO Indonesia, Jalan Gatot Subroto Kav. 94, Jakarta Selatan.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, bersama Sekretaris Utama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Iwan Herniwan, dan Ketua Umum Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia, Budihardjo Iduansjah. Penghargaan diterima oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi mewakili Sekretaris Daerah DIY.

Berdasarkan laporan dari LKPP, Pemerintah Daerah DIY mencatatkan transaksi belanja produk UMK dan Koperasi pada belanja barang/jasa pemerintah provinsi terbesar kedua pada Tahun Anggaran 2023. Prestasi ini menunjukkan komitmen kuat Pemerintah Daerah DIY dalam melaksanakan amanat pasal 97 Undang-Undang Cipta Kerja dan pasal 81 PP No. 7 Tahun 2021, yang mewajibkan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk mengalokasikan paling sedikit 40% produk/jasa Usaha Mikro dan Kecil serta Koperasi dari hasil produksi dalam negeri dalam pengadaan barang/jasa Pemerintah Pusat dan Daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Komitmen Pemerintah Daerah DIY ini tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, tetapi juga memperkuat peran UMKM dan Koperasi sebagai tulang punggung perekonomian lokal. Penghargaan ini menjadi bukti nyata atas dedikasi dan kerja keras Pemerintah Daerah DIY dalam mendukung dan memberdayakan UMKM dan Koperasi di wilayahnya.