Penutupan Pelatihan HACCP: Langkah Maju untuk UKM DIY

 

Yogyakarta, 16 Mei 2024 – Dinas Koperasi dan UKM DIY resmi menutup serangkaian pelatihan ekspor selama 1 minggu dari kegiatan Pelatihan Manajemen Produksi Bagi UKM Siap Ekspor (6-8 Mei 2024), hingga kegiatan Pelatihan & Penyusunan Dokumen HACCP (13-16 Mei 2024). Kedua kegiatan ini diadakan di 2 lokasi berbeda, yakni Ros-In Hotel Yogyakarta, dan @HOM Premier Yogyakarta by Horison.

Penutupan kegiatan ini dihadiri oleh bapak  Agus Mulyono, S.P., M.T (Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM DIY), serta perwakilan dari LSP JMKP (Jaminan Mutu dan Keamanan Pangan), sebagai pihak penguji kompetensi UKM tentang HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points) yang terbagi dalam 2 tahap, tertulis dan wawancara.

“Ada 6 aspek yang selalu berusaha di dorong oleh pihak Dinas Koperasi dan UKM DIY, diantaranya aspek Produk, SDM, Kelembagaan Pelaku Usaha, Pemanfaatan Permodalan, Digitalisasi, dan Pemasaran. Ini titik krusial dan penting yang akan digali. Kami berusaha dan selalu mengarahkan pada peningkatan kapasitas pelaku usaha dari berbagai tingkatan” sedikit penjelasan bapak Agus Mulyono, S.P., M.T dalam sambutannya sekaligus menutup kegiatan tersebut.

HACCP merupakan salah satu manajemen pangan yang sejatinya telah lama ditetapkan sejak tahun 1960. Tujuan dari HACCP tak lain sebagai bentuk jaminan pangan tersebut aman untuk dikonsumsi. Sehingga, resiko dari produk pangan tersebut dapat dikurangi seminim mungkin, baik dari kandungan pangan, sampai kepada tingkat ketahanan dan higienitas panganan. Kegiatan penyusunan dokumen HACCP ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi UKM DIY bersama dengan LSP JMKP, sebagai wujud dari Dinas Koperasi dan UKM DIY untuk mendorong dan memaksimalkan UKM-UKM yang telah mendapatkan materi-materi dan siap untuk memperluas jangkauan produk mereka ke tahap ekspor. Hasil dari kegiatan pelatihan dan uji kompetensi HACCP berupa sertifikasi kompetensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) untuk tiap peserta UKM yang telah mengikuti kegiatan.

Dinas Koperasi dan UKM DIY akan terus berusaha, mendorong, berkomitmen untuk senantiasa memberdayakan UKM-UKM, membina, dan meningkatkan kapasitas daripada pelaku usaha, agar tetap menjadikan UKM ini semakin naik kelas, tentu dengan harapan para pelaku usaha UKM ikut serta mendukung dan bekerjasama dalam mewujudkan UKM naik kelas.