LAUNCHING FASILITASI DAN SERTIFIKASI P-IRT

Oleh : Agata Ifannaly Chinda 

Dinas Koperasi dan UKM DIY melaksanakan Launching Fasilitasi dan Sertifikasi Produksi Industri Rumah Tangga (P-IRT) Kabupaten/ Kota Se Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Tara Yogyakarta pada 4-5 Maret 2024, dengan menggunakan Dana Keistimewaan Tahun Anggaran 2024. Kegiatan ini dilaksanakan untuk seluruh pelaku usaha di DIY yang belum mendapatkan P-IRT. Pembukaan Bimbingan Teknis dan Fasilitasi Sertifikat P-IRT Angkatan 1 ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UM DIY Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A., Paniradya Pati Bapak Aris Eko Nugroho, S.P., M.si., Anggota DPRD DIY Bapak Syukron Arif Muttaqin, SE, Perwakilan dari Dinas Kesehatan DIY, Perwakilan dari Dinas Koperasi dan UKM seDIY, Kepala Bidang di Lingkungan Dinas Koperasi dan UKM DIY, Serta para narasumber bimtek dan peserta bimtek sejumlah 150 UKM.

Kegiatan Bimbingan Teknis dan Fasilitasi Sertifikat P-IRT dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman UMKM mengenai P-IRT dan Percepatan sertifikasi P-IRT. Dalam sambutannya Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY mengatakan bahwa tujuan dari diselenggarakannya fasilitasi sertifikasi P-IRT ini adalah untuk Memberikan penyuluhan kepada UMKM yang memiliki produk  olahan makanan dengan masa kadaluwarsa lebih dari 7 (tujuh) hari agar produk yang sudah bagus dan prospek memiliki ijin P-IRT, terjaminnya keamanan dan mutu produk UMKM, meningkatkan nilai jual produk, perluasan pasar melalui E – Catalog, produk UMKM bebas dipasarkan secara luas dan layak edar, produk bisa masuk ke toko modern (Supermarket). “ Untuk bisa mewujudkan semuanya saya mengharapkan komitmen dari pelaku usaha selama dua hari agar bisa bermanfaat sebagaimana yang telah direncanakan” ucap Srie. 

Sambutan dari Paniradya Keistimewaan megatakan bahwa Bimtek dan Fasilitasi P-IRT ini merupakan pemanfaatan dari penggunaa  danais. Aris mengatakan bahwa SiBakul merupakan fasilitas bagi pemda untuk bisa dekat dengan para pelaku usaha. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan menggunakan danais juga diharapkan bisa menjadi jembatan untuk mengurangi angka kemiskinan di DIY. Pada tahun 2024 penggunaan danais semakin luas digunakan, pada Dinas Koperasi dan UKM DIY sendiri danais pada tahun ini digunakan untuk fasilitas free ongkir. Diakhi sambutan Aris mengatakan bahwa Paniradya Keistimewaan DIY selalu terbuka untuk saran dan masukan dari seluruh lapisan masyarakat DIY.

Usai memberikan kata sambutan selanjutnya Paniradya Pati Kaistimewaan DIY didampingi oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY membuka kegiatan Fasilitasi dan Sertifikasi P-IRT Kabupaten Kota Se DIY yang ditandai dengan pemukulan gong. Setelah pembukaan, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Bimtek dan Fasilitasi Sertifikasi P-IRT angkatan 1 yang akan dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 4-5 Maret 2024. Pada angakatan 1 ini,  Bimtek dan Fasilitasi Sertifikasi P-IRT ini akan dilaksanakan untuk Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman.