PENGHARGAAN PENDORONG DIGITALISASI UMKM KEPADA DINAS KOPERASI DAN UKM DIY

 

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menerima Penghargaan Pendorong Digitalisasi UMKM sebagai Pendorong Program Digitalisasi dan Pengembangan Kapasitas UMKM dan Produk Lokal. Penghargaan tersebut diberikan pada helatan Beli Lokal Award Festival Beli Lokal hari kedua Minggu, 25 Agustus 2024 di Gelora Bung Karno (GBK) Arena Plaza Timur, Jakarta.

Penghargaan Beli Lokal Award ini diberikan oleh Direktur Utama Tokopedia dan Shop Tokopedia Ibu Melissa Siska Juminto kepada Dinas Koperasi dan UKM DIY diwakili oleh Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM DIY. Pada kesempatan tersebut, penghargaan yang sama juga diberikan kepada Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta, serta Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah Kota Yogyakarta.

Beli Lokal Award adalah apresiasi atas kemitraan strategis instansi penerima penghargaan dengan Tokopedia maupun Shop Tokopedia dalam mendukung kemajuan UMKM di Indonesia sehingga semakin menjadi pilihan masyarakat.

Adapun helatan Festival Beli Lokal sendiri diselenggarakan untuk menampilkan produk lokal Indonesia yang sudah naik kelas, inovatif, kreatif dan sebagai upaya Tokopedia untuk mendorong semakin banyak produk lokal Indonesia yang naik kelas. Selain diselenggarakan pameran, pada kesempatan tersebut juga diselenggarakan workshop antara lain membatik dan memperkenalkan kopi spesial dari Lahat. Selain itu, helatan Festival Beli Lokal ini juga bentuk komitmen lanjutan Bangga Buatan Indonesia (BBI) oleh Tokopedia dan sebagai upaya mendorong semakin banyak UKM yg onboarding di Tokopedia maupun Shop Tokopedia.