PENDAMPINGAN KARTU PRA-KERJA

Menghadapi dampak pandemic covid-19 ini, Pemerintah mempercepat penerapan pelaksanaan kartu pra kerja.  Kartu Prakerja adalah salah satu dari program pemerintah untuk mendukung tumbuh kembang perekonomian Indonesia. Hanya saja, krisis dan pandemi corona COVID-19 yang melumpuhkan banyak kegiatan sosial dan kegiatan ekonomi yang terkena imbas yang lebih parah lagi, membuat Presiden Joko Widodo akhirnya mengambil tindakan dan inisiatif.  Presiden memutuskan untuk mempercepat proses realisasi program pembagian dan pengadaan Kartu Prakerja Nasional lebih cepat dari rencana awal. Percepatan pengadaan kartu ini dilakukan untuk mengatasi banyaknya kasus pemutusan hubungan kerja atau PHK yang terjadi dimana- mana akibat pandemi corona yang  mewabah di banyak bagian daerah Indonesia.

Peserta yang mendaftar dan lolos untuk mendapatkan Kartu Prakerja ini  masing- masing akan menerima uang sejumlah Rp 3.550.000,- selama menjalani program. Apabila dirincikan lebih lanjut, bantuan intensif tersebut telah meliputi biaya pelatihan sebesar Rp 1.000.000 yang tidak dapat dicairkan, kemudian intensif setelah berhasil menuntaskan pelatihan dengan jumlah Rp 600.000,- per bulan selama 4 bulan masa pelatihan serta dana intensif survei sebanyak Rp 150.000,-.

Manfaat & Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

Dengan mengeluarkan Kartu Prakerja 2020 sejak bulan April, mengingat dampak pandemi corona yang besar terhadap perekonomian Indonesia, maka Pemerintah berharap kartu ini akan memberikan manfaat dan solusi seperti :

1. Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung oleh pihak pekerja dan perusahaan.

2. Mampu mengurangi biaya dalam mencari informasi mengenai pelatihan

3. Mendorong keberkejaan seseorang lewat pengurangan mismatch

4. Menjadikan komplemen dari pendidikan formal

Berikut adalah beberapa Syarat dan Benefit mendaftar Program Kartu Prakerja :

  • Program Kartu Prakerja adalah program pelatihan yang dibiayai oleh pemerintah.
  • Semua orang yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah / kuliah dapat mendaftar.
  • Setelah menyelesaikan pelatihan, kamu akan mendapatkan insentif dalam bentuk biaya setiap bulannya. Adapun total yang didapatkan sebesar Rp 3.550.000 dengan bentuk terdiri dari Biaya pelatihan sebesar Rp 1 Juta, Insentif Pasca pelatihan sebesar Rp 600 Rb / Bulan selama 4 Bulan, dan insentif survey keberkerjaan dengan total Rp 150 rb
  • Informasi Lengkap syarat dan ketentuan bisa cek di https://www.prakerja.go.id/syarat-ketentuan

Masyarakat dapat melohat beberapa mitra yang bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk program Kartu Prakerja diantaranya mulai dari Tokopedia, Skill Akademi, Pintaria, Bukalapak, Kemenaker, dan lainnya. Ada banyak sekali pilihan yang bisa dipilih nantinya bagi para pendaftar program Kartu Prakerja untuk dapat meningkat skill dalam mengembangkan kemampuan dalam menghadapi dunia kerja.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para pendaftar yang berminat untuk mendapatkan Kartu Prakerja ini adalah harus membuat akun terlebih dahulu di laman website https://www.prakerja.go.id/ dengan menggunakan email dan nomor seluler yang akfif. Sedangkan untuk syarat dasarnya adalah : (1) Warga Negara Indonesia (WNI) yang dapat dibuktikan dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk); (2) Berusia diaatas 18 tahun; dan (3) Tidak sedang sekolah atau kuliah

Selain itu, pekerja formal maupun informal yang  terkena dampak COVID-19 juga bisa mendaftarkan diri mereka untuk medapat manfaat dari kartu pra-kerja ini. Kartu Prakerja ini adalah bantuan pemerintah untuk membiayai peningkatan kompetensi pekerja.  Setiap pemohon atau pendaftar yang telah lulus seleksi dan mendapatkan atau memegang Kartu Prakerja secara langsung dapat mengikuti berbagai kursus secara online untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan kerja mereka. Dengan banyaknya pendaftar ini nantinya diharapkan akan mampu menaikan dan mendongkrak perekonomian Indonesia yang sedang lemah dan lesu saat ini.

Dukungan Pemerintah Daerah DIY

Melihat animo masyarakat yang sangat besar untuk medapatkan fasilitas kartu pra kerja, maka Pemda DIY melalui Dinas Koperasi dan UKM DIY, membuka layanan bagi masyarakat untuk dibantu mendaftarkan diri memperoleh kartu pra kerja melalui aplikasi yang sudah disiapkan Pemerintah. Layanan ini buka setiap jam kerja, dengan membuka informasi pendaftaran melalui laman website pada SIBAKUL JOGJA, dengan jadwal yang akan diberitahukan lebih lanjut.

Ini adalah bentuk kepedulian Pemerintah Daerah terhadap kebutuhan masyarakat terhadap peningkatan kompetensi dan keterampilan yang diharapkan dari program kartu pra kerja.  Layanan ini dibuka secara online dengan layanan langsung di Dinas Koperasi UKM DIY yang tetap memperhatikan protocol kesehatan penanganan covid-19.  Layanan bisa melalui PLUT atau Bidang Layanan Kewirausahaan yang sudah membuka layanan sejak Bulan April hingga Juni, dengan kapasitas layanan 50 orang per harinya.

Masyarakat akan dibantu mengenai informasi kartu pra kerja dan dipandu untuk mendaftar secara online melalui aplikasi yang ada di Dinas Koperasi & UKM DIY.  DInas Koperasi & UKM DIY sangat terbuka dalam melakukan layanan pendampingan kartu pra kerja sebagai bukti mendukung program Pemerintah.

Cara mendaftar KARTU PRA KERJA

Jika pemohon atau pendaftar telah memenuhi syarat dan ketentuan dasar diatas seperti mempunyai akun yang telah terverifikasi dengan email dan nomor telepon yang aktif, maka langkah selanjutnya adalah mendaftar untuk mendapatkan bantuan dan Kartu Prakerja.

Membuat akun Kartu Prakerja; Berikut ini adalah langkah untuk membuat akun Kartu Prakerja di prakerja.go.id yang benar dan valid : (1) Buka laman web prakerja.go.id (2) Masukkan email atau nomor ponsel; (3) Klik Daftar; (4) Selanjutnya pilih metode verifikasi (5) Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via atau melalui email atau SMS; (6) Pendaftaran berhasil ; (7) Pemohon telah berhasil membuat akun Kartu Prakerja.

Pendaftaran dan Tes Kartu Prakerja; Setelah pemohon berhasil membuat akun, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri mereka untuk masuk ke dalam program- program Kartu Prakerja dengan mengikuti cara di bawah ini : (1) Buka laman prakerja.go.id ; (2) Login masuk akun; (3) Klik Daftar Kartu Pekerja; (4) Isi formulir pendaftaran; (5) Klik Selanjutnya; (6) Lakukan dan ikuti tes kemampuan dasar; (7) Klik Selesai; (8) Setelah menyelesaikan pendaftaran dan mengisi formulir dan mengisi tes dasar, pemohon akan menerima sebuah notifikasi berikutnya di akun mereka masing- masing.

Tes akan dilakukan langsung saat proses pendaftaran, maka sebaiknya peserta telah bersiap jauh sebelumnya baik dalam kesiapan menjawab tes maupun sinyal internet yang stabil. Peserta yang telah diterima dalam program Kartu Prakerja hanya bagi mereka yang telah lolos tes yang dijalankan di situs resmi Kartu Prakerja saja dan mendapatkan kuota dari batch yang peserta tersebut pilih sebelumnya.  Seleksi atau batch juga mempunyai periode dan kuotanya tersendiri. Program Kartu Prakerja ini akan menyasar dan menjaring sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020 saja. Bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi namun kuotabatch yang mereka inginkan telah penuh, maka peserta yang sama dapat kembali melakukan pendaftaran ulang dengan memilih dan mengikuti batch berikutnya.

Peserta yang harus melakukan pendaftaran ulang tidak perlu lagi memasukkan semua data mereka saat melakukan pendaftaran kedua karena data yang dimasukkan sebelumnya telah terekam secara otomatis. Jika peserta tidak mendapatkan program yang mereka inginkan pada pendaftaran pertama, tidak ada salahnya mengulang kembali dan mengikuti batch pertama. Peserta juga dapat mempertimbangkan program- program lain sebagai pertimbangan kedua atau ketiga mereka.

HARAPAN Pemerintah Daerah

Pendaftaran Kartu Prakerja ini hanya dapat dilakukan melalui situs resmi prakerja.go.id yang prosesnya dapat didampingi oleh petugas pengantar dari DINAS KOPERASI UKM DIY untuk perserta yang berasal dari wilayah DIY. Setiap calon pendaftar sebelumnya terlebih dahulu diminta untuk mengisi dan melengkapi data- data sesuai dengan informasi yang valid dan sebenarnya.  Setelah berhasil melakukan login atau masuk, langkah yang harus ditempuh selanjutnya adalah menjalani seleksi penyaringan peserta. Penyeleksian dan penyaringan ini akan dilakukan menurut dan berdasarkan hasil verifikasi keakuratan data yang di input oleh calon peserta, hasil tes kemampuan dasar, latar belakang motivasi peserta serta jumlah kuota yang tersedia dan dapat diisi.

Langkah terakhir yang harus ditempuh adalah setiap calon pendaftar yang telah lolos dapat memilih dan menentukan jenis pelatihan yang mereka inginkan atau butuhkan di laman web prakerja.go.id. Selanjutnya, jika penerima Kartu Prakerja telah menentukan program yang ingin mereka ikuti, peserta akan mendapatkan uang saku melalui rekening bank atau dalam bentuk e-wallet serta sertifikasi sebagai bentuk resmi sebagai modal mencari kerja.

Harapannya, penerima kartu pra kerja dapat meningkatkan kemampuan skillnya dalam berusaha untuk menciptakan lapangan kerja, membuka lapangan kerja, atau berkreasi dalam menurunkan angka pengangguran.  Semoga pandemic covid-19 ini segera berakhir dan situasi menjadi normal kembali.