Diklat Kewirausahaan – DIY merupakan daerah yang memiliki potensi besar dengan produk-produk unggulan UKM, akan tetapi perlu adanya suatu pemasaran produk yang tepat untuk mendukung peningkatan penjualan. Sebagai daerah yang terkenal dengan pendidikan, budaya, dan sumber daya alam yang bagus, DIY memiliki sumber daya manusia (SDM) yang sangat kreatif dan pintar dalam mengembangkan inovasi-inovasi usaha kuliner. Hal ini penting untuk dikembangkan produk yang berkualitas yang didesain sesuai dengan kriteria kualitas produk yang baik.
Upaya peningkatan serta pengembangan produk usaha kecil dan menengah (UKM) di pasar domestik maupun pasar internasional khususnya dalam pemasaran produk-produk unggulan dari daerah dengan cara manajemen pemasaran merupakan salah satu cara yang efektif dalam pengembangan usaha.
Dukungan pemasaran berbasis jaringan bisnis akan mengakomodasi wirausahawan untuk mengembangkan perluasan jaringan pemasaran produk yang dipasarkan. Dengan demikian, diperlukan manajemen pemasaran berbasis jaringan bisnis terkait dengan pengembangan produk UKM. Oleh karena itu, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019 Diklat Koperasi dan UKM DIY akan melaksanakan kegiatan Diklat Kewirausahaan Manajemen Pemasaran Berbasis Jaringan Bisnis Angkatan I DAK 2019.
Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari mulai dari tanggal 3 s/d 6 September 2019 di Hotel royal Darmo Yogyakarta, dengan materi yang diantaranya : Kebijakan pemerintah dalam Pemberdayaan UKM di Bidang Kewirausahaan, Marketing Plan, Manajemen Pemasaran, Menjalin Kemitraaan Bisnis, Strategi Bisnis Usaha Kecil, Teknik Bertransaksi di Internet, Standarisasi Kualitas Produk untuk UKM, Membangun Jaringan Bisnis, Pemasaran dan Praktek online, Sukses Story, Etika dan Negosiasi, Fasilitasi Pemasaran Produk UKM Melalui Market Plac e, Problematika dan Tantangan UKM Menghadapi Pasar Global.
(Sumber : diklat kewirausahaan manajemen pemasaran berbasis jaringan bisnis, Diskop & UKM DIY, Tahun 2019)