BINTEK PERKOPERASIAN BAGI GENERASI MUDA DIY

Bintek Perkoperasian – Koperasi sejatinya adalah upaya atas kesadaran menghimpunkan diri dalam satu ruang kebersamaan dalam rangka menyatukan kreativitas yang dapat dikelola menjadi ruang inovasi yang produktif untuk mengembangkan bisnis bagi generasi milenials. Koperasi dapat menunjang bisnis anggotanya melalui layanan konsultasi pengembangan produk, pembangunan jejaring pasar, hingga menunjang legalitas bisnis tersebut.

Dengan konsep demikian akan melahirkan banyak wirausaha produktif di kalangan generasi milenial sehingga koperasi akan banyak diminati, sebab kehadirannya betul-betul memberikan kontribusi positif bagi masa depat generasi milenial.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Koperasi dan UKM DIY menyelenggarakan Bintek Perkoperasian Bagi Generasi Muda DIY pada hari Selasa, 24 September 2019. Yang diselenggarakan selama dua hari yaitu tanggal 24 s/d 25 September 2019 di Grage Ramayana Hotel dan diikuti 30 pengurus/pengelola koperasi mahasiswa se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam Bintek tersebut pengurus/pengelola koperasi mahasiswa mendapatkan pembinaan dengan materi : Kopma; Social prenuer Era Industri 4.0, Kaderisasi Gerakan Koperasi, Jenis Usaha dan Pemasaran, serta Manajemen Strategik dan Operasional (Organisasi, Produksi dan Keuangan) dengan beberapa harapan agar pengurus/pengelola koperasi mahasiswa dapat menyatukan kreatifitas melalui koperasi, dapat menjadikan koperasi sebagai ruang inovasi yang produktif untuk mengembangkan bisnis bagi generasi muda yang menunjang bisnis anggotanya melalui layanan konsultasi pengembangan produk, pembangunan jejaring pasar, hingga menunjang legalitas bisnis tersebut.

Kegiatan ini kedepannya akan terus dilaksanakan mengingat betapa pentingnya keberadaan koperasi yang mampu menciptakan lapangan kerja yang berdampak pada menurunnya angka kemiskinan yang ada di DIY. (Sumber : Bintek Perkoperasian Bagi Generasi Muda DIY, Diskop & UKM DIY, Tahun 2019)