PAMERAN HARI KOPERASI PROVINSI T.A 2019 DI JOGJA CITY MALL

Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peran yang cukup penting untuk mengurangi pengangguran serta memerangi kemiskinan, namun saat ini secara faktual koperasi dan UKM masih tertinggal dibandingkan dengan soko guru lainnya, oleh karena itu perlu dilakukan berbagai upaya untuk semakin mengembangkan dan memberdayakan sektor koperasi dan UKM di tanah air, tentunya dengan memperhatikan segenap potensi dan peluang bisnis yang ada.

Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Provinsi TA. 2019, Dinas Koperasi dan UKM DIY Ikut memeriahkan nya dengan menjadi salah satu peserta dalam kegiatan Pameran Hari Koperasi TA. 2019 di Jogja City Mall DIY. Dalam kegiatan tersebut Dinas Koperasi dan UKM DIY mengikutsertakan 16 anggota koperasi untuk ikut dalam pameran yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 25 s/d 27 Juli 2019 dengan maksud dan tujuan untuk mempromosikan produk-produk Koperasi dan UKM ke Pasar Nasional dan Regional, Memfasilitasi terciptanya interaksi langsung antara para pengelola koperasi dan UKM dengan para investor dan potensial buyers dan kalangan lainnya guna meraih peluang bisnis dan menjalin kerjasama yang saling menguntungkan di bidang permodalan, perdagangan, teknologi, sumber daya manusia dan yang lainnya. Selain itu untuk meningkatkan kecintaan dan rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap produk-produk dalam negeri serta meningkatkan devisa Negara melalui peran usaha sector koperasi, usaha kecil dan menengah.

Terjadinya peningkatan konsumsi dan aplikasi produk UKM dalam negeri akan mendorong pertumbuhan industri kreatif sebagai pilar ekonomi bangsa. Secara kongkret apresiasi masyarakat dapat diwujudkan dalam bentuk transaksi selama pameran untuk mendapatkan aneka produk unggulan koperasi dan UKM. Pameran Hari Koperasi Provinsi TA. 2019 diharapkan sebagai ajang unjuk kinerja dan prestasi para UKM mandiri maupun binaan pemerintah dan swasta.

Upaya Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta berpedoman bahwa antara Koperasi dan UKM harus bersinergi ikut memperkuat dan mempercepat pengembangan ekonomi dan kapasitas dalam rangka menghadapi persaingan bisnis global.

(Sumber : Pameran hari koperasi provinsi Dinas Koperasi dan UKM DIY, Diskop & UKM DIY, Tahun 2019)