Meriahkan Hari Koperasi Nasional ke-75, Dinas Koperasi dan UKM DIY Menyelenggarakan Gebyar Koperasi Istimewa

Meriahkan Hari Koperasi Nasional ke-75, Dinas Koperasi dan UKM DIY Menyelenggarakan Gebyar Koperasi Istimewa

Oleh: Anggia Zainur Rahmah

Koperasi di Indonesia telah mencapai usia ke-75 setelah diprakarsai oleh Drs. Moh. Hatta pada 12 Juli 1960 silam. Sebagai Ekonomi dan juga Wakil Presiden saat itu, beliau memiliki harapan supaya Koperasi bisa menjadi soko guru perekonomian negara. Beliau juga memiliki keyakinan bahwa ekonomi kerakyatan lah yang mampu mensejahterakan rakyat Indonesia. Atas kiprahnya di bidang Koperasi, Drs. Moh. Hatta diangkat sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

 

Tahun ini, 2022, merupakan tahun kebangkitan perekonomian Negara pasca pandemi termasuk Koperasi. Koperasi memiliki andil pemulihan ekonomi nasional, tidak sedikit anggota Koperasi yang terbantu dengan adanya relaksasi dari Koperasi. Walau usaha Koperasi selama dua tahun terakhir juga terdampak, kini mampu bangkit dan membangkitkan. Koperasi juga mampu beradaptasi dalam perkembangan tantangan pandemi, termasuk adaptasi pada perkembangan digital yang begitu cepat. Dengan semangat tersebut, Gerakan Koperasi merayakan Hari Koperasi ke-75 dengan tema “Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan” dan tagline “Ayo Berkoperasi”.

 

Membawa semangat tersebut, Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta juga turut menyemarakkan Hari Koperasi Nasional ke-75 dengan berbagai rangkaian kegiatan. Dimulai dari Upacara Hari Koperasi pada tanggal 12 Juli 2022, berbagai perlombaan antar pegawai Dinas Koperasi dan UKM DIY. Adapun berbagai jenis lombanya antara lain: kreasi video TikTok tentang pelayanan, hias tumpeng, gigit uang dari jeruk bali, jepit balon berpasangan, dan line dance.

 

Perlombaan pada tanggal 12 Juli 2022 oleh segenap pegawai di setiap bidang di Dinas Koperasi dan UKM DIY dimenangkan oleh Bidang Kewirausahaan sebagai juara umum. Lomba memasukan pulpen dalam botol dimenangkan oleh tim bidang sekretariat, teras malioboro, dan kewirausahaan. Lomba Balon Putri dimenangkan oleh tim bidang kewirausahaan, sekretariat, dan pembiayaan. Lomba Balon Putra dimenangkan oleh tim bidang Kewirausahaan, Koperasi, dan Pembiayaan. Lomba Gigit koin dimenangkan oleh tim bidang Teras Malioboro sebagai , Kewirausahaan, dan Keuangan. Lomba Tiktok dimenangkan oleh tim bidang Kewirausahaan, UKM, dan Sekretariat. Lomba Line Dance dimenangkan oleh tim bidang UKM, Sekretariat, dan kewirausahaan. Terakhir, lomba tumpeng dimenangkan oleh tim bidang Kewirausahaan, Koperasi, dan Teras Malioboro.

 

Kemeriahan rangkaian kegiatan tersebut akan ditutup dengan Gebyar Koperasi Istimewa pada tanggal 25 Juli 2022 di Ballroom Sahid Rich Hotel. Dalam rangkaian Gebyar Koperasi Istimewa akan disampaikan Ekspose Pembinaan Koperasi mulai dari pengumuman Koperasi Berprestasi, penyerahan sertifikat pemeriksaan Kesehatan Koperasi, dan penyerahan hasil perubahan Anggaran Dasar Koperasi. Selain itu, diisi dengan talkshow Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (Gemaskop).

 

Selain Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinas Kota dan Kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta juga meramaikan peringatan Hari Koperasi ke-75 dengan berbagai rangkaian kegiatan, antara lain: , Apel Hari Koperasi oleh seluruh dinas yang membidangi Koperasi Kabupaten/Kota se-DIY. Dinas Koperasi UKM Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan resepsi peringatan Koperasi pada 12 Juli 2022. Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman menyelenggarakan lomba paduan suara antar Koperasi pada 20 Juli 2022, Lomba Cerdas Cermat tingkat SMP dan SMA pada 21-22 Juli 2022, Workshop Penguatan Kelembagaan Koperasi pada 26 Juli 2022, Workshop Pengawasan Koperasi pada 27 Juli 2022, dan Workshop Hari Koperasi pada 28 Juli 2022. Kemudian terakhir, Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulonprogo menyelenggarakan sarasean, pemberian penghargaan koperasi berprestasi dan tangkas terampil pada 27 Juli 2022. Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian Kabupaten Bantul mengadakan beberapa agenda antara lain: Tangkas Terampil pada 5 Juli 2022, Webinar di SMK Muhammadiyah 1 Bantul pada 7 Juli 2022, upacara pada tanggal 26 Juli 2022, dan ditutup dengan senam sehat pada 31 Juli 2022.